• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Rabu, 03 November 2010

Pengenalan Ilmu Pertanian

23.59 // by Unknown // No comments



PIP ( Pengenalan Ilmu Pertanian )
Sebuah pertanyaan : apakah jumlah air adalah sama antara zaman sekarang dengan zaman terdahulu ……..?
Jawaban : sama
dhekill404.blogspot.comAlasan; karena air mengalami suatu daur yaitu daur hidrologi, yang dimana air jatuh dari langit sebagai hujan, hujan sebagian mangalir diatas permukaan tanah dan sebagian lagi mengalir dibawah tanah. Oleh panas matahari air menguap. Dari uap air terbentuklah awan dan dari awan inilah terjadinya hujan. Daur ini berlangsung sepanjang masa tak ada habisnya.
Hutan dan bentuk vegetasi lainya sangatlah penting dalam daur ini. Dengan adanya hutan lebih banyak air yang meresap ke dalam tanah. Sebagian lagi terserap oleh seresah yang ada di atas lantai tanah. Karena hutan mempunyai laju evapotranspirasi yang besar, dengan adanya hutan lebih banyak air yang menguap dari pada bila tak adanya hutan. Karena air yang meresap kedalam tanah dan yang menguap lebih banyak, dan sebagian lagi terserap oleh seresah, air yang mengalir diatas permukaan tanah lebih sedikit.
Air yang masuk kedalam tanah, sebagian akan keluar lagi sebagi mata air di tempat lain. Air yang terserap di dalam seresah perlahan-lahan akan dilepas lagi, selama seresah itu engandung air diatas titik jenuh. Dengan demikian air tanah dan air yang terserap dalam seresah perlahan-lahan akan lepas lagi, selama seresah itu mengandung air diatas titik jenuh. Dengan demikian air tanah dan air yang terserap dalam seresah merupakan simpanan air yang tersedia lama setelah hujan jatuh. Jadi, walaupun hutan mengurangi jumlah total air yang tersedia,tetapi distribusi sepanjang tahun menjadi lebih baik . banjir dalam musim hujan dan kekurangan air dalam musim kemarau di kurangi.

Sumber :
Seyhan,Ersin. 1993. Dasar Dasar Hidrologi. Yogyakarta, Indonesia: Gajah Mada University Press
Soemarwoto,Otto. 1985. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Bandung :
Penerbit DJambatan.

0 komentar:

Posting Komentar